Cari Blog Ini

Rabu, 21 Juli 2010

VISI DAN MISI SDN CIRAMPO

Visi
Akserasi pembentukan Manusia Yang Cerdas dan Berakhlak Mulia dan takwa Serta Menguasai Ilmu Pengetahuan, Berdaya Saing Menuju Terwujudnya lulusan yang cerdas dan berahlak mulya.
Misi

1. Membentuk dan mendidik anak menjadi manusia yang berguna di masarakat melalui penbelajaran dan pendidikan yang sesuai kurikulum
2.Mewujudkan lulusan yang sehat koperatip dan bertanggungjawab melaksanakan kewajiban melalui pendidikan agama dan olahraga


RPP  Kls 6 SDN cirampo 2010


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/1 (Satu)


Standar Kompetensi :
1.Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Kompetensi  Dasar :
1.1Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Indikator :
1.Menjelaskan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
2.Menunjukkan golongan-golongan yang berperan dalam rancangan perumusan Pancasila.
3.Menjelaskan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
4.Menunjukkan sikap yang sesuai /selaras dengan nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu :     4 x 35 menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat:
1.Menceritakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
2.Menyebutkan peran BPUPKI dalam perumusan Pancasila.
3.Menyebutkan pengusul nama dasar negara Pancaasila.
4.Menjelaskan nilai-nilai juang yang dapat diteladani sesuai dalam proses perumusan Pancasila.
5.Menerapkan nilai-nilai juang dalam sikap hidup sehari-hari.

Materi Pembelajaran :
1.Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara .
2.Nilai nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Metode
Diskusi dan Laporan.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai   dalam proses pelajaran.
b.Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi.
c.Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.
2.Kegiatan Inti
a.Siswa membaca materi dalam buku.
b.Siswa mendiskusikan hasil membaca materi dengan kelompok-kelompok yang dibentuk.
c.Siswa melaporkan hasil diskusi secara bergantian.
d.Menyimpulkan hasil keputusan bersama yang dibimbing guru.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)

Pertemuan II
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan
pembelajaran.
b.Siswa membagi diri dalam kelompok diskusi.
c.Siswa dan guru menyiapkan materi diskusi.
2.Kegiatan Inti
a.Siswa membaca materi tentang nilai-nilai juang dalam proses  perumusan Pancasila.
b.Siswa mendiskusikan yang termasuk nilai-nilai juang yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari.
c.Siswa melaporkan hasil diskusi.
d.Guru mengklarifikasi hasil diskusi.
e.Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi yang telah diklarifikasi.
3.Kegiatan Penutup

Alat /Sumber
1.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2.Naskah Piagam Jakarta.
3.Gambar tokoh-tokoh perumus Pancasila.

Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan melalui tes tertulis.
Bagian I
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1.Sebutkan lima penelitian yang diusulkan Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945!
2.Terkenal dengan sebutan apakah kelima prinsip dasar/pokok pikiran yang diutarakan Ir. Soekarno!
3.Bagaimana jalannya sidang pada saat proses perumusan Pancasila?
4.Tindakan apa yang diambil BPUPKI sebelum memasuki masa istirahat dari kegiatan sidang?
5.Jelaskan rumusan dasar negara diambil dan bagaimana bunyinya!

Bagian II
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.Pancasila diambil dari . . . .
2.Yang menjadi perdebatan hebat pada dasar negara terletak pada sila ke . . . .
3.Yang tampil sebagai penengah dalam perdebatan itu adalah . . . .
4.Kebutuhan utama bangsa Indonesia guna menghadapi musuh adalah rasa . . . dan . . . .
5.Akhirnya Pancasila disepakati sebagai . . . setelah  tujuh kata pada rumusan yang pertama dihapus.



Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002






























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/1 (Satu)

Standar Kompetensi :
1.Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Kompetensi Dasar :
1.2 Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Indikator :
1.Memberikan contoh sikap peserta sidang dalam proses perumusan Pancasila.
2Menjelaskan sikap yang diperlukan untuk mencapai kebersamaan.
3.Menjelaskan manfaat sikap kebersamaan.
4.Menerapkan sikap kebersamaan walaupun beda pendapat dan kepentingan.

Alokasi Waktu :6 × 35 menit (3× pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai pembelajaran siswa dapat:
1.Menyebutkan tiga contoh sikap yang ditunjukkan para peserta sidang dalam proses perumusan Pancasila.
2.Menganalisis sikap yang perlu ditampilkan untuk mencapai kebersamaan.
3.Menampilkan sikap yang sesuai dalam usaha mencapai kebersamaan.
4.Menguraikan manfaat yang dapat dipetik / dirasakan dengan semangat kebersamaan.
5.Menampilkan sikap kebersamaan di sekolah walaupun beda pendapat dan kepentingan.

Materi Pembelajaran
Nilai kebersamaan.

Metode
1.Pengamatan.
2.Diskusi laporan.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Guru menjelaskan secara singkat tentang indikator yang akan dicapai dan memberikan aper-
sepsi yang sesuai dengan materi.
b.Siswa menyimak penjelasan guru.
c.Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok sesuai ketentuan dan menyiapkan keperluan diskusi.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa membaca materi dari buku teks mencermati contoh-contoh sikap yang ditunjukkan
para peserta sidang dan menganalisanya.
b.Mendiskusikan hasil dari membaca dan menganalisa materi tersebut.
c.Laporan hasil diskusi dari masing masing kelompok.
d.Membahas bersama untuk mencapai kesepakatan dan diklarifikasi oleh guru.
e.Kesimpulan untuk dicatat siswa.
2.Kegiatan Penutup (10 menit)
a.Siswa menjawab beberapa pertanyaan secara lisan sesuai dengan materi yang dipelajari.
b.Tindak lanjut diberi tugas rumah mengamati para petugas untuk materi berikutnya (petugas
kelas lain).

Pertemuan II
1.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.Apersepsi untuk siswa dilanjutkan penjelasan singkat sesuai dengan materi dan indikator
yang harus dicapai.
b.Siswa diajak keluar dari kelas / halaman depan membentuk kelompok-kelompok.
c.Menyiapkan materi untuk diskusi.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa secara kelompok mendiskusikan hasil pengamatan dan diambil yang sesuai dengan
sikap kebersamaan dan manfaatnya dan dapat memberikan contoh sikap kebersamaan yang
lain yang dapat ditampilkan.
b.Masing-masing mempersiapkan hasil diskusi untuk dilaporkan.
c.Mengklarifikasi hasil diskusi.
d.Membuat kesimpulan dan siswa mencatat hasil kesimpulan.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa diberi tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

Pertemuan III
1.Untuk ulangan harian.
2.Analisis.
3.Perbaikan /Pengajaran.

Alat /Sumber
1.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2.Petugas Upacara.

Penilaian
Penilaian dilakukan dalam proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan.
Bagian II
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang jelas!
1.Bagaimana sikap yang ditunjukkan para peserta sidang pada perumusan Pancasila?
2.Jelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk mencapai kebersamaan!
3.Untuk mewujudkan cita-cita bangsa perlu pengorbanan dan kesadaran. Kesadaran apa yang
menjadi dasar pendirian negara itu?.
4.Manfaat yang dapat kita ambil dari nilai kebersamaan terdapat pada kata /semangat Mengalah
untuk menang. Jelaskan arti dari kata tersebut!
5.Berilah 2 contoh sikap kebersamaan yang dapat kita tunjukan di sekolah!




Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002






















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/1 (Satu)


Standar Kompetensi :
1.Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Kompetisi Dasar :
1.3 Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses
perumusan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator :
1.Menjelaskan pengertian nilai-nilai juang.
2.Menguraikan nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses
perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
3.Menjelaskan pentingnya nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari.
4.Menerapkan nilai-nilai juang yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu :6 x 35 (3 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat:
1.Menyimpulkan arti dari nilai-nilai juang.
2.Menyebutkan contoh-contoh nilai juang yang diperankan beberapa
tokoh dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
3.Menguraikan masing-masing nilai juang tersebut.
4.Menjelaskan pentingnya nilai-nilai juang untuk kehidupan sehari-hari.
5.Menerapkan nilai-nilai juang sesuai dengan kehidupan sehari-hari disekolah.

Materi Pembelajaran
Nilai-nilai juang para tokoh perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Metode
Diskusi dan laporan.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Guru menjelaskan pokok materi tentang indikator yang akan dicapai.
b.Siswa diberi tugas secara berpasangan.
c.Menyiapkan materi yang akan didiskusikan.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa mencari informasi tentang nilai-nilai juang para tokoh perumusan Pancasila sebagai
dasar negara untuk mengetahui contoh-contoh nilai juang dan menguraikanya dari masing-
masing nilai dari buku teks.
b.Mendiskusikan hasil informasi yang didapat dari buku teks(secara berpasangan).
c.Laporan hasil diskusi secara berurutan dari yang selesai lebih dahulu diambil 5/6 pasangan
untuk memancing semangat dan menghargai kreativitas siswa.
d.Guru mengklarifikasi hasil kerja siswa untuk diambil kesimpulan untuk dicatat siswa.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
a.Siswa menjawab beberapa pertanyaan guru secara lisan.
b.Tindak lanjut diberikan tugas rumah.

Pertemuan II
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Apersepsi tanya jawab materi pembelajaran sebelumnya.
b.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
c.Siswa menyiapkan materi yang akan dipelajari /didiskusikan.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa mempelajari materi dari buku yang dibacanya.
b.Siswa mendiskusikan hasil materi yang dibacanya dengan anggota kelompok yang dibentuknya.
c.Guru mengamati cara kerja siswa untuk memberikan penilaian sesuai penerapan nilai-nilai
juang.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

Pertemuan III
1.Digunakan ulangan harian.
2.Menganalisa hasil ulangan.
3.Perbaikan/pengayaan.

Alat/Sumber
Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.

Penilaian
Penilaian dilaksaanakan selama proses pembelajaran dan diakhir pertemuan.

Bagian I
Tes lisan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.Apa yang dimaksud dengan nilai juang?
2.Sebutkan 5 contoh nilai juang pada proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara!
3.Jelaskan salah satu nilai juang yang kamu ketahui!
4.Jelaskan yang dimaksud dengan toleransi!

Bagian II
Penilaian skala sikap
A.Penerapan nilai-nilai juang /bermusyawarah.

No
Nama
A
B
C
D
E
Score
Nilai
















Keterangan:
A:Kerja sama.(020)
B:Berani mengeluarkan pendapat.(020)
C:Menghargai pendapat orang lain.(020)
D:Adil.(020)
E:Melaksanakan hasil keputusan.(020)

B.Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.Jelaskan apa yang menjadi dasar kekuatan mempertahankan negara dalam menghadapi
musuh!
2.Apa yang menjadi hasil kesepakatan pada sila pertama dari Pancasila yang menjadi dasar
negara?
3.Jelaskan yang menjadi alasan para tokoh berani rela berkorban pada perdebatan proses
perumusan Pancasila!
4.Jelaskan sikap rendah hati pada nilai-nilai juang!


Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/2 (dua)


Standar Kompetensi :
2.Memahami sistem pemerintah Republik Indonesia.

Kompetensi Dasar :
2.1 Menjelaskan proses pemilu dan pilkada.

Indikator :
a.Menjelaskan pengertian dan kegunaan pemilu.
b.Menguraikan sifat-sifat pemilu di Indonesia.
c.Menjelaskan cara pelaksanaan pemilu di Indonesia.
d.Menyebutkan lembaga penyelenggara negara.
e.Menunjukkan undang-undang yang mengatur pelaksanaan Pemilu DPR, DPD dan Presiden.
f.Menunjukkan tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pemilu di Indonesia.
g.Menerapkan cara pelaksanaan pemilu (pemilihan ketua dan wakil ketua kelas).

Alokasi Waktu :8 x 35 menit (4x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1.Menjelaskan pengertian pemilu di Indonesia.
2.Menyebutkan empat kegunaan dilaksanakan pemilu.
3.Menceritakan sifat-sifat dalam pelaksanaan pemilu di Indonesia.
4.Menguraikan dari masing-masing sifat tersebut.
5.Menyebutkan pemilu yang pernah dilaksanakan di Indonesia.
6.Menganalisis perbedaan pelaksanaan pemilu 2004.
7.Menyebutkan salah satu lembaga sebagai penyelenggara pemilu.
8.Menyebutkan undang-undang yang mengatur pelaksanaan pemilu untuk anggota DPR,DPD dan DPRD.
9.Menyebutkan undang-undang yang mengatur pelaksanaan pemilu untuk presiden dan wakil presiden.
10.Menyebutkan tiga tahapan pelaksanaan pemilu di Indonesia.
11.Menjelaskan masing-masing tahapan pelaksanaan pemilu di Indonesia.
12.Melaksanakan cara pelaksanaan pemilu di sekolah (untuk penerapan pemilihan ketua dan wakil ketua kelas).

Materi Pembelajaran
1.Berbagai Instrumen Pemilu.
2.Sistem Pemerintah di Indonesia.

Metode
Diskusi, laporan dan demonstrasi /bermain peran.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.Siswa memerhatikan penjelasan guru tentang materi yang harus dicapai dalam proses pem-
belajaran.
b.Siswa dibagi beberapa kelompok kerja.
c.Mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa diberi tugas membaca materi dari buku teks.
b.Siswa mendiskusikan materi sesuai petunjuk guru secara kelompok.
c.Siswa membuat laporan hasil diskusi.
d.Laporan hasil kerja dari masing-masing kelompok.
e.Guru mengklarifikasi hasil kerja kelompok.
f.Membuat kesepakatan untuk menyimpulkannya.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
a.Tanya jawab sesuai materi secara lisan.
b.Tindak lanjut memberikan tugas rumah.

Pertemuan II
(jika memugkinkan siswa diajak ke ruang lain yang kosong).
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pem-
belajaran.
b.Menyiapkan peralatan dan bahan diskusi.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa menyimak petunjuk kerja yang diberikan oleh guru.
b.Siswa mendiskusikan materi yang diberikan sesuai dengan petunjuk guru secara kelompok.
c.Membuat laporan hasil kerja kelompok.
d.Laporan hasil kerja dari wakil masing-masing kelompok.
e.Guru mengklarifikasi hasil kerja siswa/ hasil diskusi.
f.Membuat rangkuman dari hasil klarifikasi.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
Untuk pendalaman materi siswa diberi tugas mandiri.

Pertemuan III
Penerapan pelaksanaan pemilu di kelas (pemilihan ketua/ wakil ketua) yang dilaksanakan secara
langsung.
Langkah-langkah:
1.Mempersiapkan peralatan dan memeriksa tempat yang sudah dipersiapkan sehari sebelumnya/
sebelum pelajaran dimulai.
2.Membagi kelas menjadi 3 kelompok/ 4 kelompok.
3.Setiap kelompok mengajukan satu calon pasangan(ketua dan wakil).
4.Setiap calon menyampaikan rencana program di kelas.
5.Setiap murid( termasuk calon pasangan) menulis nama calon pasangan yang dipilih pada lembar
kertas( kartu pemilih).
6.Masukkan kartu pemilih yang sudah ditulisi nama calon pasangan pada kotak suara yang tersedia.
7.Setelah selesai dan kartu terkumpul, lakukan penghitungan suara.
8.Bila hasil penghitungan suara sama, lakukan pemungutan suara ulang.
9.Pasangan yang terpilih diminta untuk memberikan ungkapan hatinya di depan kelas.
10.Semua murid menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan terpilih.

Pertemuan  IV
Digunakan untuk ulangan harian.

Alat/Sumber
1.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2.Gambar Partai.
3.Kardus / kotak, paku, dan gabus.
4.Kantor Desa/ Kantor Kecamatan terdekat( mencari informasi bila perlu).

Penilaian
Penilaian  dilakukan selama  proses  pembelajaran dan  setelah akhir pertemuan.
Bagian I
Tes secara lisan.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.Apakah pemilu itu?
2.Berapa kali pemilu di Indonesia telah diselengarakan?
3.Sebutkan pelaksanaan pemilu pada masa Orde Baru!
4.Apa kepanjangan dari LUBER pada pelaksanaan pemilu?
5.Apa yang menjadi keistimewaan pemilu 2004?

Bagian II
Tes tertulis/uraian.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.Sebutkan lembaga penyelenggara pemilu di Indonesia!
2.Sebutkan undang-undang yang mengatur pelaksanaan pemilu DPR,DPD, dan DPRD!
3.Mengatur tentang apakah UU No. 23 Tahun 2003 itu?
4.Sebutkan 3 tahapan pemilu di Indonesia!
5.Jelaskan pelaksanaan pemilu tahap ketiga!

Bagian III
Penilaian untuk pelaksanaan pemilu (Pemilihan Ketua Kelas).
Skala Sikap

No
Nama
Kriteria
Jumlah Skor
Nilai
A
B
C
D


























Keterangan:
A=Tata peraturan.( 020 )
B=Jujur.( 020 )
C=Tertib. ( 020 )
D=Tidak memaksakan kehendak.( 020 )




Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN  CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/ (dua)


Standar Kompetensi :
2.Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar : 
2.1. Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.

Indikator :
1.Menunjukkan lembaga-lembaga negara sesuai UUD1945 dan hasil amandemen.
2.Membedakan MPR berdasarkan UUD 1945 dengan MPR setelah adanya perubahan.
3.Menjelaskan tugas dan wewenang MPR sebelum dan sesudah amandemen.
4.Mendeskripsikan bahwa presiden sebagai kepala negara sekaligus sebagai kepala pemerintahan.
5.Menunjukkan cara pengangkatan presiden dan wakil presiden.
6.Menjelaskan susunan dan kedudukan DPR.
7.Menyebutkan tugas dan hak DPR.
8.Menunjukkan alat kelengkapan DPR.
9.Menjelaskan kedudukan DPA menurut UUD 1945 yang sudah diamandemen.
10.Menunjukkan cara pemilihan dan tugas anggota BPK.
11.Menjelaskan kedudukan, kekuasaan MA di dalam/di luar peradilan serta susunan keanggotaan MA.
12.Menganalisa tentang prosedur dan wewenang keanggotaan Komisi Yudisial.
13.Menjelaskan keberadaan, sejarah berdirinya, keanggotaan, wewenang dan kewajiban MA.

Alokasi waktu :10 x 35 menit  (5x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1.Menyebutkan lembaga negara sesuai UDD 1945 sebelum perubahan
2.Menyebutkan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 sesudah
amandemen
3.Menyebutkan perbedaan kedudukan MPR berdasar UUD 1945
sebelum dan sesudah adanya perubahan.
4.Menyebutkan tugas MPR sebelum dan sesudah amandemen
5.Menjelaskan wewenang MPR sebelum dan sesudah amandemen
6.Menguraikan bahwa presiden sebagai kepala negara sekaligus sebagai kepala pemerintahan
7.Menyebutkan cara pengangkatan presiden dan wakil presiden Indonesia.
8.Menyebutkan susunan dan kedudukan DPR.
9.Menyebutkan yang menjadi tugas dan hak-hak DPR.
10.Menganalisis beberapa alat kelengkapan DPR.
11.Menguraikan keberadaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadapnegara.
12.Menjelaskan kedudukan MA
13.Menjelaskan kekuasaan MA di dalam / di luar peradilan
14.Menganalisis keberadaan Komisi Yudisial dalam kelembagaan negara.
15.Menjelaskan prosedur keanggotaan Komisi Yudisial
16.Menyebutkan wewenang yang dimiliki oleh Komisi Yudisial
17.Menceritakan keberadaan MK dalam kelembagaan negara
18.Menceritakan sejarah berdirinya lembaga MK.
19.Menyebutkan keberadaan keanggotaan serta yang menjadi wewenang MK.
20.Menyebutkan yang menjadi kewajiban MK/

Materi Pembelajaran
1.Struktur ketatanegaraan.
2.Lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 dan hasil amandemen.

Metode
Diskusi dan laporan.



Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pem-
belajaran.
b.Siswa menyiapkan bahan materi yang akan diskusikan.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa melakukan kegiatan diskusi tentang lembaga-lembaga sebelum dan sesudah amandemen.
b.Siswa menganalisa bila ada perbedaannya antara sebelum dan sesudah amandemen.
c.Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
d.Masing-masing kelompok menyimak dan memberi sanggahan.
e.Guru mengklarifikasi hasil diskusi.
f.Bersama-sama membuat kesimpulan dari hasil klasifikasi.
3.Kegiatan Penutup
a.Tanya jawab sekitar lembaga-lembaga negara.
b.Siswa mendapat tugas mandiri untuk pendalaman materi.

Pertemuan II
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Apersepsi tanya jawab dari materi pelajaran yang telah diberikan.
b.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai.
c.Siswa membagi kelompok-kelompok dan menyiapkan materi untuk bahan diskusi.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Untuk berganti suasana siswa dapat diajak ke luar kelas/ halaman sekolah yang keadaannya
lebih nyaman.
b.Siswa mendiskusikan materi tentang keberadaan Presiden, DPR dan BPK.
c.Mempresentasikan/melaporan hasil diskusi tersebut.
d.Guru mengklarifikasi hasil diskusi.
e.Membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
3.Kegiatan Penutup
a.Tugas mandiri untuk pendalaman materi.
b.Tindak lanjut tugas rumah.

Pertemuan III
1.Pendahuluan
a.Diawali tanya jawab pelajaran yang lalu.
b.Siswa menyimak penjelasan tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
c.Membagi kelompok-kelompok dan menyiapkan materi yang akan didiskusikan.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa melakukan diskusi dari materi yang diberikan tentang kedudukan MA, kekuasaan MA
di dalam dan di luar peradilan.
b.Siswa mencatat dan membahas  keberadaan Komisi Yudisial, prosedur serta anggota Komisi
Yudisial.
c.Melaporkan hasil diskusi masing-masing kelompok.
d.Guru mengklarifikasi hasil diskusi masing-masing kelompok.
e.Siswa menyimpulkan dari hasil klarifikasi.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
a.Tanya jawab secara lisan dari materi yang diberikan.
b.Siswa diberi tugas rumah.

Pertemuan IV
1.Pendahuluan (10 menit)
1.Penjelasan tentang materi yang harus dipelajari dan indikator yang harus dicapai.
2.Siswa mempersiapkan materi/bahan yang akan dirangkum.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
1.Siswa menyimak materi dengan cara membaca intensif dari buku teks.
2.Menganalisa materi yang akan dirangkum.
3.Siswa merangkum materi yang telah dipelajari.
4.Untuk menghargai semangat dan hasil usaha siswa maka diberi kesempatan mempresentasikan hasil rangkuman secara bergilir dan urut dari selesai pertama kali sampai urutan ke-10 saja.
5.Siswa membacakan hasil rangkuman secara urut.
6.Guru mengklarifikasi hasil rangkuman siswa.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa diberi tugas mandiri.

Pertemuan V
1.Ulangan harian.
2.Analisa.
3.Perbaikan /pengayaan.

Alat/Sumber
1.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2.Struktur pemerintahan sebelum/sesudah amandemen.
3.Perpustakaan.

Penilaian
Penilaian dilakukan selama  proses  pembelajaran dan  setelah akhir pertemuan
Bagian I
Isilah titik-titik di bawah ini dengan pernyataan yang benar!
1.Sebelum ada perubahan MPR merupakan lembaga . . . negara.
2.Melalui pemilu 2004 Presiden dan Wakil Presiden dipilih secara . . . .
3.Kedudukan MPR menurut UUD 1945 adalah sejajar dengan . . . .
4.Hak . . . adalah hak DPR untuk meminta keterangan kepada Presiden.
5.Memeriksa pengelolaan keuangan dari tanggung jawab tentang keuangan negara adalah tugasnya
. . . .
Bagian II
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.Jelaskan maksud MA adalah pemegang kekuasaan kehakiman yang merdeka!
2.Sebutkan salah satu kekuasaan MA di dalam peradilan!
3.Sebutkan salah satu kekuasaan MA di luar peradilan!
4.Jelaskan yang dimaksud dengan Komisi Yudisial!
5.Apa kewenangan yang dimiliki oleh Komisi Yudisial?

Bagian III
Ceritakan secara singkat sejarah berdirinya Mahkamah Konstitusi yang ada di Indonesia, dan jelaskan
yang menjadi kewajiban MK!





Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/2 (dua)


Standar Kompetensi :
2.Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar :
2.3Mendiskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.

Indikator :
1.Menjelaskan tentang pemerintahan pusat dalam konteks Indonesia.
2.Menjelaskan kewenangan pemerintahan pusat.
3.Menjelaskan tentang pemerintah daerah dalam konteks Indonesia.
4.Memberikan contoh bentuk pemerintah daerah.

Alokasi Waktu :4 × 35 menit (2× pertemuan)

Tujuan Pembelajaran: Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1.Menyebutkan pengertian pemerintahan pusat dalam konteks Indonesia.
2.Menyebutkan yang menjadi kewenangan pemerintahan pusat.
3.Menyebutkan yang menjadi kewenangan lain pemerintahan pusat.
4.Menguraikan pengertian pemerintah daerah dalam konteks Indonesia.
5.Memberikan contoh bentuk pemerintah daerah.

Materi Pembelajaran :
Pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah.
Metode
Diskusi dan laporan.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Siswa diajak ke ruang perpustakaan (bila memungkinkan ruangan mencukupi untuk sejumlah
siswa) jika tidak cukup ruang kelas.
b.Guru menjelaskan langkah kerja siswa.
c.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pem-
belajaran.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa membaca intensif (dalam hati) materi dari buku teks.
b.Siswa merangkum materi yang dibacanya sesuai indikator yang ditentukan.
c.Siswa diberi kesempatan menginterpersentasikan hasil rangkuman urut dari yang selesai
tercepat.
d.Siswa memajangkan hasil rangkuman (yang dibaca cukup urutan terbaik urutan ke 10).
3.Kegiatan Penutup
a.Tanya jawab yang berhubungan dengan materi.
b.Tindak lanjut memberi tugas mandiri.

Pertemuan II
Digunakan untuk ulangan harian (UH).

Alat/Sumber
1.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2.Perpustakaan.







Penilaian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.Siapakah yang memimpin pemerintahan pusat?
2.Sebutkan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat!
3.Meliputi apa sajakah pemerintah provinsi itu?
4.Sebutkan tingkat pemerintahan terendah pada pemerintahan daerah kabupaten!

Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002









































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN  CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/2 (dua)


Standar Kompetensi :
3.Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
Kompetensi Dasar : 
3.1Menjelaskan pengertian kerja sama negara Asia Tenggara.
Indikator :
1.Menguraikan bentuk kerja sama negara Asia Tenggara.
2.Menjelaskan bentuk kerja sama antarnegara.
3.Menjelaskan pentingnya kerja sama antarnegara.
4.Menjelaskan wadah kerja sama di Asia Tenggara.
5.Menjelaskan tujuan dan dasar kerja sama ASEAN.
6.Menyebutkan contoh kerja sama ASEAN.
7.Menunjukkan bentuk organisasi ASEAN.

Alokasi waktu :
8 x 35 menit (4x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1.Menjelaskan bentuk kerja sama negara-negara Asia Tenggara sesuai persamaan wilayah.
2.Menyebutkan 3 bentuk kerja sama antarnegara.
3.Menjelaskan pentingnya kerja sama antarnegara.
4.Menyebutkan wadah kerja sama di Asia Tenggara.
5.Menganalisa latar belakang berdirinya ASEAN.
6.Menyebutkan negara-negara pemrakarsa berdirinya ASEAN.
7.Menguraikan yang menjadi tujuan ASEAN.
8.Menunjukkan yang menjadi dasar kerja sama ASEAN.
9.Menguraikan berbagai contoh kerja sama ASEAN.
10.Menyebutkan bentuk-bentuk organisasi ASEAN.

B. Materi Pembelajaran :
Kerja sama negara-negara Asia Tenggara.

C. Metode
Pengamatan, diskusi, dan laporan.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Guru memberi penjelasan tentang indikator yang harus dicapai dalam pembelajaran.
b.Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok diskusi yang telah ditentukan.
c.Siswa mempersiapkan peta ASEAN dan materi diskusi.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa mengamati peta ASEAN untuk mencari letak-letak negara di Asia Tenggara.
b.Siswa membaca materi dari buku teks untuk menyelaraskan letak negara di Asia Tenggara
sehingga dapat menganalisa bentuk dan pentingnya kerja sama.
c.Siswa mendiskusikan hasil pengamatan dan analisa dari materi tersebut.
d.Wakil dari masing-masing kelompok mempersentasikan hasil diskusi.
e.Guru mengklarifikasi hasil diskusi untuk disimpulkan oleh siswa.
3.Kegiatan Penutup
a.Tanya jawab dari materi yang telah dipelajari.
b.Siswa dibuatkan syair lagu dari nama-nama negara ASEAN (gubahan lagu Naik Delman).

Pertemuan II
1.Pendahuluan (10 menit)
1.Apersepsi menyanyikan lagu Naik Delman dengan syair anggota negara-negara ASEAN
Negara ASEAN:
ASEAN dibentuknya di negara Thailand.
Beranggota Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunai, Vietnam, Laos, Myanmar, dan
Kamboja, semua itu anggota ASEAN.
2.Siswa menyiapkan materi diskusi.
2.Kegiatan Inti
a.Siswa membaca buku menyimak materi yang digunakan bahan diskusi.
b.Siswa secara berpasangan mendiskusikan tentang wadah kerja sama, latar belakang, negara
pemrakarsa, tujuan dan dasar ASEAN.
c.Membuat laporan hasil diskusi.
d.Guru memberi kesempatan masing-masing pasangan secara bergantian melaporkan hasil
diskusi.
e.Pembahasan bersama untuk memberikan kesimpulan.
f.Pemajangan hasil terbaik sampai ke-7.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa diberi tugas rumah secara berpasangan untuk menggambar lambang ASEAN.

Pertemuan III
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi  yang harus dicapai
b.Siswa dibagi menjadi 4 kelompok (kelompok ke 4 anggota lebih banyak) agar lebih nyaman
bisa keluar ke halaman sekolah/perpustakaan.
c.Menyiapkan materi yang akan didiskusikan.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Guru membagi materi diskusi sesuai nama kelompok:
1)Kelompok 1 (Ekonomi).
2)Kelompok 2 (Polkam).
3)Kelompok 3 (Sosbud).
4)Kelompok 4 Organisasi ASEAN.
b.Masing-masing kelompok mendiskusikan materi sesuai dengan namanya untuk menganalisa
kerja sama yang diurusi/ditanganinya.
c.Wakil dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menyimak
buku untuk menyanggah bila perlu/kurang sesuai.
d.Guru mengklarifikasi untuk membuat kesimpulan.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa diberi tugas mandiri.

Pertemuan IV
1.Ulangan harian.
2.Menganalisa hasil ulangan harian.
3.Perbaikan/pengayaan.
Alat/Sumber
1.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2.Peta ASEAN

D. Penilaian
Penilaian dilakukan pada proses pembelajaran dan akhir pembelajaran.
Bagian I
Setelah mengetahui jenis-jenis kerjasama antar negara, tolong identifikasi bentuk kerja sama dalam
tabel berikut dengan memberi tanda (  )

No
Jenis Kerjasama
Bilateral
Regional
Multilateral
Skor
Nilai
1


2

3

4

5
Jepang mengirimkan tenaga kesehatan/medis ke Indonesia untuk membantu penanganan korban gempa.
Indonesia dan Malaysia mengadakan pertukaran pelajar.
Penayangan siaran Titihan Muhibah di televisi secara langsung.
Pengiriman pasukan keamanan Indonesia ke Irak atas nama PBB.
Penyelenggaraan pesta olahraga se -Asia Tenggara.







Bagian II
Isilah titik-titik di bawah ini dengan persyaratan yang benar!
1.Diberlakukannya pasar bebas ASEAN (AFTA) merupakan kerja sama di bidang . . . .
2.Kerja sama bidang politik ASEAN guna menjaga . . . dan . . . di kawasan Asia Tenggara.
3.ARF singkatan dari . . . .
4.SARS juga disebut  penyakit . . . .
5.Terorisme, penyelundupan, pelarian buronan, penjualan obat terlarang adalah contoh kejahatan


Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002









Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/2 (dua)


Standar Kompetensi :
3.Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di AsiaTenggara.
Kompetensi Dasar :
3.2.Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negaradi Asia Tenggara.
Indikator :
1.Menunjukkan contoh peran Indonesia dalam kerja sama bilateral.
2.Menunjukkan peran Indonesia di kawasan Asia Tenggara.
3.Menerapkan beberapa nilai kerja sama yang sesuai untuk kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu :
6 x 35 menit (3x pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat:
1.Menyebutkan beberapa contoh kerja sama bilateral dengan negara-negara ASEAN.
2.Menguraikan beberapa peran yang dilakukan Indonesia Kawasan AsiaTenggara.
3.Menyebutkan tokoh yang merupakan salah satu ujung tombak Indonesia dalam kerja sama
Internasional di tahun 70/80an.
4.Mau/bersedia menerapkan nilai-nilai kerja sama dalam kehidupan sehari-hari.

B.Materi Pembelajaran
Peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

C.Metode
Diskusi, laporan, dan pemberian tugas.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang harus dicapai dalam pembelajaran
b.Siswa membagi-bagi menjadi beberapa kelompok yang ditentukan
c.Siswa menyiapkan materi untuk diskusi
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Masing-masing siswa menyimak materi yang akan didiskusikan.
b.Mendiskusikan materi tentang kerja sama bilateral peran Indonesia dan tokoh kerja sama
Internasional yang telah dibacanya.
c.Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok bergantian.
d.Guru mengklarifikasi hasil diskusi untuk dibuat kesimpulan.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
    Untuk pendalaman materi siswa diberi tugas mandiri.
Pertemuan II
1.Pendahuluan (15 menit)
1.Apersepsi:  tanya jawab dari materi yang diberikan sebelumnya.
2.Guru menjelaskan materi yang didiskusikan yaitu menentukan nilai-nilai kerja sama agar
dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.Siswa membagi kelompok-kelompok diskusi.
2.Kegiatan Inti (45 menit)
a.Siswa secara kelompok mendiskusikan nilai-nilai kebersamaan yang dapat diterapkan
b.Memasukkan/menuliskan ke dalam kolom yang telah disediakan
c.Menganalisa hasil diskusi mana yang telah diwujudkan / belum diwujudkan
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa mencatat hasil diskusi untuk diwujudkannya.
Pertemuan III
1.Ulangan harian.
2.Analisa hasil ulangan.
3.Bila perlu perbaikan/pengayaan.

D. Alat/Sumber
1.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2.Gambar tokoh pelopor kerja sama (Adam Malik, Ali Alatas).
E. Penilaian
Bagian I
Jodohkan pernyataan-pernyataan pada lajur kiri dengan pernyataan pada lajur kanan! Lajur kiri bentuk
dilakukan Indonesia, lajur kanan kerja sama dengan negara!
1.
2.

3.

4.

5.
Pengiriman tenaga kerja.
Membantu penyelesaian konflik denga memprakarsai penyelenggaraan Jakarta Informal Meeting.
Mengekspor sayur-sayuran, buah-buahan, pakaian jadi dan kendaraan. Mengirim tenaga pengajar dan dosen.
Mengimpor beras dan gula.
Mengekspor pesawat terbang.
Bidang ekonomi (penanaman modal, keuangan, perbankan, perpajakan)
a. Kampuchea
b. Brunai Darussalam
c. Thailand
d. Malaysia
e. Singapura
f. Filipina


Penskoran:
Setiap betul skor 1
N = Jumlah skor x 20.

Setelah mempelajari dan mengetahui kerja sama negara-negara di Asia Tenggara dan perannya
Indonesia. Tentu sudah dapat memetik nilai-nilai kerja sama dan berusaha mewujudkannya. Lanjutkan
tabel di bawah ini dengan mencatat nilai-nilai kerja sama.

No
Nilai Kerjasama dalam kelas/sekolah
Pembiasaan
Alasan
Sudah
Belum
1
2
3
4
5

Melaksanakan piket kelas secara bersama
.............................................................
.............................................................
.............................................................
.............................................................










Keterangan:
1.Jawaban benar alasan tepat/sesuai.skor 4
2.Jawaban benar alasan kurang sesuai.skor 3
3.Jawaban salah alasan sesuai.skor 2
4.Jawaban salah alasan tidak sesuai.skor 1
Nilai = Jumlah skor x 4


Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002












Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/2 (dua)


Standar Kompetensi :
4.Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Kompetensi Dasar :
4.1.Menjelaskan politik luar negeri Indonesia bebas dan aktif.
Indikator :
1.Menjelaskan pengertian politik luar negeri Indonesia.
2.Menunjukkan sifat politik luar negeri Indonesia.
3.Menguraikan makna politik luar negeri bebas aktif.
Alokasi waktu :
4 x 35 menit (2x pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat:
1.Menjelaskan pengertian dari politik luar negeri Indonesia.
2.Menganalisis sifat politik luar negeri Indonesia.
3.Menguraikan makna politik luar negeri yang bebas aktif.
4.Menyebutkan sifat-sifat politik luar negeri yang lain.
B. Materi Pembelajaran:
1.Peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
2.Politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.
C. Metode
Pemberian tugas, diskusi, dan laporan.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi dari guru tentang indikator yang harus dicapai
b.Siswa membagi diri dalam kelompok dan menyiapkan materi diskusi
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa menganalisis materi yang sebelumnya dibaca dan dipahami lebih dahulu.
b.Mendiskusikan materi tentang pengertian politik luar negeri sifat-sifat dan maknanya.
c.Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusi.
d.Guru mengklarifikasi hasil diskusi.
e.Siswa menyimpulkan dari hasil klarifikasi guru.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
   Siswa diberi tugas mandiri untuk bahan pendalaman materi.
Pertemuan II
1.Ulangan harian.
2.Analisa hasil ulangan.
3.Bila perlu perbaikan/pengayaan.
D. Alat/Sumber
1.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2.Gambar tokoh Mohammad Hatta
E. Penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan singkat!
1.Jelaskan yang dimaksud dengan politik luar negeri!
2.Pernyataan siapakah yang menjadi dasar kebijaksanaan politik luar negeri Indonesia?
3.Sebutkan tahapan dan pelaksanaan perumusan politik luar negeri Indonesia!
4.Jelaskan sifat politik luar negeri Indonesia yang Bebas Aktif!
5.Sebutkan sifat politik luar negeri Indonesia yang lain!







Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/2 (dua)


Standar Kompetensi :
4.Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi
Kompetensi Dasar : 
4.2Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam pencaturan  Internasional
Indikator :         
1.Menjelaskan tujuan politik luar negeri.
2.Menunjukkan yang menjadi landasan politik luar negeri.
3.Menyebutkan faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan politik luar negeri Indonesia.
4.Menganalisa kebijakan politik luar negeri Indonesia.
5.Menjelaskan peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan Internasional.
6.Menunjukkan sikap positif di berbagai lingkungan terhadap pelaksanaan politik luar negeri          .
Alokasi Waktu :
8 x 35 menit (4x pertemuan)
A.Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1.Menyebutkan yang menjadi tujuan politik luar negeri yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea pertama dan keempat.
2.Menyebutkan rumusan tujuan politik luar negeri dari Drs. Moh.Hatta.
3.Menyebutkan landasan idiil politik luar negeri Indonesia.
4.Menyebutkan landasan konstitusional politik luar negeri Indonesia.
5.Menyebutkan landasan operasional politik luar negeri Indonesia
6.Menganalisis hal-hal yang menjadi arah pelaksanaan politik luar negeri Indonesia.
7.Menyebutkan berbagai faktor yang mempengaruhi pelaksanaan politik luar negeri Indonesia.
8.Menjelaskan beberapa hal yang menjadi prioritas dalam Ecu Menical Diplomacy.
9.Menunjukkan beberapa bentuk peran politik luar negeri Indonesia.
10.Menunjukkan beberapa bukti keberhasilan Indonesia dalam percaturan internasional.
11.Menunjukkan sikap positif dalam lingkungan keluarga terhadap pelaksanaan politik luar negeri Indonesia.
12.Menunjukkan sikap positif dalam lingkungan sekolah terhadap pelaksanaan politik luar negeri Indonesia.
13.Menunjukkan sikap positif dalam lingkungan masyarakat terhadap pelaksanaan politik luar negeri Indonesia.
B. Materi Pembelajaran
Peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan Internasional.           
C.Metode                                              
Diskusi dan laporan.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I                 
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari dan yang harus dicapai.
b.Siswa menyiapkan diri dengan membagi menjadi kelompok-kelompok diskusi.
c.Siswa menyiapkan materi diskusi.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa mengulangi memahami materi dengan membaca buku teks yang digunakan
b.Siswa mendeskripsikan tentang politik luar negeri, tujuan, landasan politik luar negeri
Indonesia.
c.Siswa dapat bertanya bila menemukan kesulitan dengan bimbingan guru.
d.Laporan masing-masing kelompok.
e.Pembahasan diskusi yang bisa diikuti dengan menyanggah.
f.Guru membuat klarifikasi dan kesimpulan.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa mengerjakan tugas mandiri.
Pertemuan II


1.Pendahuluan (10 menit)
a.Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran yang telah diberikan.
b.Penjelasan singkat oleh guru tentang materi yang dipelajari.
2.Kegiatan Inti (40 menit)
a.Siswa memahami materi dengan membaca buku teks yang digunakan.
b.Siswa menganalisa materi yang sesuai dengan indikator yang dijelaskan guru (arah, faktor-
faktor, prioritas dalam pelaksanaan).
c.Merangkum materi tersebut dalam buku tugas.
3.Kegiatan Penutup (20 menit)
1.Siswa diberi tugas mandiri sebagai pendalaman materi.
2.Guru memeriksa hasil rangkuman.
Pertemuan III
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Apersepsi:  tanya jawab materi yang telah dipelajari.
b.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang harus dipakai dalam pembelajaran
c.Siswa menyiapkan materi yang akan dipelajari.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
1.Siswa berpasangan diberi tugas merangkum materi dengan memahami gambar.
2.Siswa sebelum mengisi jawaban dalam gambar harus memahami dengan membaca buku
teks dulu.
3.Cara menjawab/mengisi skema sikap positif terhadap pelaksanaan materi dan masukkan
pada keterangan di bawahnya.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa diajak membaca rangkuman dari skema sikap positif yang telah dikerjakannya.
Pertemuan IV
Ulangan harian
D. Alat/Sumber
1.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2.UUD 1945.
3.Guntingan berita koran.
E.Penilaian
Penilaian dilaksanakan dalam proses pembelajaran dan akhir pertemuan.

Bagian I
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.Politik luar negeri merupakan satu kebijakan suatu negara dalam melakukan . . . dengan negara lain.
2.Politik Indonesia  bersifat . . . .
3.Pemerintah menjalankan politik luar negeri yang bebas pada tanggal . . . .
4.Akhirnya politik luar negeri Indonesia adalah . . . dan . . . .
5.Sifat politik luar negeri Indonesia di atas juga memiliki sifat anti imperialisme dan . . . .

Bagian II
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1.Indonesia menjalankan politik damai. Jelaskan!
2.Berilah salah satu contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan Internasional!
3.Jelaskan yang kamu ketahui tentang:
a.AFTA
b.ZOPFAN
4.Sebutkan tiga keberhasilan negara Indonesia dalam percaturan Internasional!



Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDN CIRAMPO
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : 6 (Enam)/1 (satu)


Standar Kompetensi :1.Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan   Pancasila
sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar :1.1Menceritakan secara singkat nilai kebarsamaan daalam   proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Indikator :a.Memberikan contoh sikap peserta sidang dalam Proses perumusan
Pancasila.
bMenjelaskan sikap yang diperlukan untuk mencapai kebersamaan.
c.Menjelaskan manfaat sikap kebersamaan.
d.Menerapkan sikar kebersamaan walaupun beda pendapat dan kepen-
tingan.
Alokasi Waktu :6 × 35 manit (3 × pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :Setelah selesai pembelajaran siswa dapat :
1.Menyebutan tiga contoh sikap yang ditunjukan para peserta sidang
dalam proses perumusan Pancasila.
2.Menganalisis sikap yang perlu ditampilkan untuk mencapai kebersama-
an.
3.Menampilkan sikap yang sesuai dalam usaha mencapai kebersamaan.
4.Menguraikan manfaat yang dapat dipetik/dirasakan dengan semangat
kebersamaan.
5.Menampilkan sikap kebersamaan di sekolah walaupun beda pendapat
dan kepentingan.
Materi Pembelajaran
Nilai kebersamaan.
Metode
Pengamatan, dan diskusi laporan.
Langkah-Langkah
Pertemuan I
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Guru menjelaskan secara singkat tentang indikator yang akan dicapai dan memberikan aper-
sepsi yang sesuai denga materi.
b.Siswa menyimak penjelasan guru.
c.Siswa dibagi menjadi kelompok kelompok sesuai ketentuan dan menyiapkan keperluan
diskusi.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
1.Siswa membaca materi dari buku teks mencermati contoh contoh sikap yang ditunjukan
para peserta sidang dan menganalisanya.
2.Mendiskusikan hasil dari membaca dan menganalisa materi tersebut.
3.Laporan hasil diskusi dari masing masing kelompok.
4.Membahas bersama untuk mencapai kesepakatan dan diklarisifikasi oleh guru.
5.Kesimpulan untuk dicatat siswa.
3.Kegiatan penutup (10 menit)
a.Siswa menjawab beberapa pertanyaan secara lisan sesuai dengan materi yang dipelajari.
b.Tindak lanjut diberi tugas rumah mengamati para petugass upacara untuk materi berikutnya
(petugas kelas lain).
Pertemuan II
1.Pendahuluan (10 menit)
a.Apersepsi untuk siswa dilanjutkan penjelasan singkat sesuai dengan materi dan indikator
yang harus dicapai.
b.Siswa diajak keluar dari kelas / halaman depan membentuk kelompok kelompok.
c.Menyiapkan materi untuk diskusi.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa secara kelompok mendiskusikan hasil pengamatan dan diambil yang sesuai dengan
sikap kebersamaan dan manfaatnya dan dapat memberikan contoh sikap kebarsamaan yang
lain yang dapat ditampilkan.
b.Masing masing mempersiakan hasil diskusi untuk dilaporkan.
c.Mengklarifikasi hasil diskusi.
d.Membuat kesimpulan dan siswa mencatat hasil kesimpulan.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa diberi tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.
Pertemuan ke 3
1.Untuk ulangan harian.
2.Analisis.
3.Perbaikan /Pengajaran.
Alat /Sumber
1.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Penerbit Cempaka Putih.
2.Petugas Upacara
Penilaian
Penilaian dilakukan dalam proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan.
Bagian II
Jawablah pertanyaan pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang jelas.
1.Bagaimana sikap yang ditunjukan para peserta sidang pada perumusan Pancasila?.
2.Jelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk mencapai kebersamaan!
3.Untuk mewujudkan cita cita bangsa perlu pegorbanan dan kesadaran kesadaran apa yang menjadi
dasar pendirian negara itu?.
4.Manfaat yang dapat kita ambil dari nilai kebersamaan terdapat pada kata/semangat Mengalah
untuk menang. Jelaskan arti dari kata tersebut!
5.Berilah 2 contoh sikap kebersamaan yang dapat kita tunjukan di sekolah!





Mengetahui,
Kepala Sekolah Cirampo. . . .                                                   Guru Kelas VI



Juanda, S.Pd.                                                                        Dading, S.Pd.
NIP. 195807161980112001                                                 NIP.196812142000121002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar